2stroke tuning part 2

Kali ini saya berencana membuat transfer primer dengan durasi open 117,25° dan durasi close 125,50

Saya blum memikirkan durasi exhaust mungkin akan saya target di 83° open

Konsep terhuyung ini mungkin sangat riskan terhadap lemahnya asupan gas apabila saya terlampau jauh menentukan perbandingan durasi transfer primer,skunder dab boster port

Lemahnya asupan gas mungkin bisa di siasati dengan pemadatan ruang crankcase atau mengganti kebalpot dengan mengandalkan kekuatan difuser dan bafel smakin curam sudutnya maka akan smakin kuat hisapanya
Hal ini saya blum memikirkanya, akan saya coba beberapa opsi terlebih dahulu dan melakukan pengukuran volume crankcase
Idealnya 1,2:1 sampai 1,5:1 jika melebihi nilai ini sudah dipastikan laju bbm menuju cylinder block akan lambat karena lemahnya kompresi diruang crankcase.

Skarang saya mulai mendesain transfer skunder dan boster port 

Transfer skunder dan bosteport memiliki durasi yang berbeda sesuai konsep awal terhuyung atau berundak
Transfer skunder saya mencoba durasi open 116° dan durasi close 127°
Bostport durasi open 115° dan durasi close 128°
Berdasarkan desain balap eropa mereka membuat perbandingan 3° transfer primer terhadap transfer skunder
Dan 4° transfer primer ke bostport

Saya tidak menggunakan perbandingan itu
Disini saya mencoba perbandingan 1° transfer primer ke transfer skunder dan 2° transfer primer ke bostport

Hal ini saya lakukan karena dari segi krukas dan pengapian saya masih menggunakan standart pabrikan
Saya kawatir jika perbandingan terlalu jauh mesin tidak mampu meraih durasi tersebut
Berbeda dengan riset eropa yang sudah menggunakan pengapian serta krukas modifikasi.
saat ini mall porting sudah saya tempel tinggal melakukan porting sesuai perhitungan durasi yang sudah saya buat. Next time akan saya lanjutkan di part 3
Tetap semangat, tetap sehat, terus mencoba
By : galih putra,st

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Stroke Tuning part 5

Transfer port

2 stroke tuning part 3